(021) 28541720

6 Kunci Sukses Bisnis Online

10 November 2019

Photo by Victoria Heath on Unsplash
kunci sukses bisnis online
Photo by Victoria Heath on Unsplash
 

Beberapa tahun terakhir banyak sekali pebisnis online yang bermunculan di dunia bisnis. Dan saat ini banyak konsumen yang lebih memilih untuk membeli barang secara online karena kemudahan yang diberikan tanpa harus bertemu langsung dengan penjualnya. Karena hal tersebut, banyak orang mencari kunci sukses bisnis online.

Dengan membeli barang secara online maka konsumen tidak perlu keluar rumah dan hanya bermodalkan smartphone dan internet untuk memilih jenis produk yang dibutuhkan. Sebaliknya, penjual juga tidak perlu bersusah payah menawarkan produk dan melakukan nego harga dengan pembeli. Tentu hal ini menjadi suatu kemudahan tersendiri bagi pembeli dan penjual.

Menariknya, kini banyak pebisnis online bermunculan karena kemudahan memulai bisnis yang tidak memerlukan keahlian khusus. Siapapun bisa membuka usaha ini, karena membuka bisnis online Anda hanya perlu bermodalkan produk, smartphone, laptop atau komputer dan jaringan internet.

Berbisnis online juga bisa dilakukan tanpa modal dimana Anda hanya perlu menjadi reseller atau dropshipper. Dalam berbisnis online Anda dituntut untuk pandai menjual produk dan memasarkannya dalam media sosial.

Kunci utama dalam berbisnis online yaitu kepercayaan antara penjual dan pembeli. Karena dalam berbisnis online antara pembeli dan penjual tidak dipertemukan secara langsung sehingga untuk meyakinkan pembeli Anda sebagai penjual harus meyakini konsumen.

Menjalankan bisnis bukanlah tanpa tujuan, sama halnya dengan menjalankan bisnis online, tentu Anda ingin agar bisnis Anda dapat sukses. Agar bisnis online Anda sukses, Anda juga harus memperhatikan 6 kunci sukses berbisnis online seperti berikut ini:

1. Jujur

Kunci sukses bisnis online yang pertana tentu saja kejujuran. Jujur merupakan kunci utama dalam berbisnis, tidak hanya dalam bisnis online saja bahkan dalam bisnis offline juga dibutuhkan kejujuran dalam berbisnis. Khusus bisnis online, kejujuran merupakan hal yang harus diperhatikan, Anda harus memberikan informasi sebenar-benarnya atas produk yang ditawarkan. Dengan kejujuran maka pelanggan akan merasa puas dengan pelayanan Anda.

2. Respon Cepat

Sebelum membeli produk Anda, tentu calon pembeli biasanya akan bertanya-tanya mengenai produk yang Anda jual. Dalam hal ini diharapkan Anda mampu membalas pesan mereka dengan cepat. Respon yang cepat akan memberi nilai tambah bagi calon pembeli sehingga mereka berkenan membeli produk di toko Anda.

3. Komitmen

Dalam berbisnis online, tentu diperlukan kepercayaan dari konsumennya. Dalam hal ini pebisnis online harus komitmen atas apa yang mereka ungkapkan dalam bisnisnya seperti misalnya jika barang rusak atau salah pengiriman maka dapat melakukan return. Di sini Anda harus benar-benar sesuai dengan komitmen yang Anda buat, dengan begitu meski suatu hari ada kesalahan maka pelanggan tetap mau membeli produk di toko Anda. Kunci sukses bisnis online ini harus Anda pertahankan agar tetap konsisten.

4. Tidak Menjatuhkan Produk Pesaing

Point satu ini harus Anda perhatikan baik-baik. Untuk mensukseskan bisnis Anda, Anda tidak perlu menjatuhkan produk pesaing. Meski pesaing memiliki produk serupa, Anda tidak perlu menjatuhkan produk pesaing, hal ini hanya akan merugikan bisnis Anda. Jadilah bisnis yang mengikuti persaingan sehat karena rejeki tidak akan kemana.

5. Bekerja Keras

Sebagai pebisnis online yang menjual produk tertentu, tentu akan ada masa dimana bisnis Anda tidak seramai biasanya. Hal ini jangan membuat Anda goyah dan patah semangat, teruslah semangat dan bekerja semaksimal mungkin agar bisnis Anda ramai pembeli.

Anda bisa melakukan promosi, iklan di media sosial, atau melakukan diskon bila diperlukan. Perlu Anda ingat bahwa hasil yang Anda dapat berawal dari apa yang Anda usahakan.

6. Belajar Dari Kesalahan

Jika suatu saat Anda mengalami masalah dalam bisnis Anda maka jangan dibiarkan begitu saja, ingat pada komitmen dan tujuan Anda membangun bisnis tersebut. Belajarlah dari kesalahan dengan cara melakukan evaluasi, perhatikan apa saja yang kurang dalam bisnis Anda kemudian perbaiki. Dan apa yang menjadi kelebihan dalam bisnis Anda maka tingkatkan.

Tidak ada bisnis yang tidak mendapat masalah, untuk itu belajarlah dari kesalahan jika Anda mau sukses dalam berbisnis. Biasanya pebisnis yang sukses tahu dimana letak kesalahannya dan mau memperbaiki kesalahannya.

Itulah 6 kunci sukses bisnis online yang bisa Anda terapkan dengan baik. Pastikan Anda terus semangat dan pantang menyerah agar bisnis Anda dapat sukses sesuai dengan apa yang Anda harapkan. Karena, tidak ada pebisnis yang sukses tanpa adanya kerja keras.

“Baca Juga Peran Virtual Office Dalam Meningkatkan Jumlah Pengusaha Di Indonesia”

Kamu Mungkin Juga Suka…

Bagaimana Cara Menemukan Lokasi Bisnis

Bagaimana Cara Menemukan Lokasi Bisnis

Dalam menemukan lokasi bisnis anda harus memperhatikan biaya beli atau sewa, apakah lokasi mudah terjangkau, bagaimana perizinan tempat bisnis anda, dan lingkungan area bisnis anda.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *