(021) 28541720

7 Cara Memilih Rekan Bisnis Yang Tepat

4 November 2019

Photo by Helena Lopes on Unsplash
Memilih rekan bisnis
Photo by Helena Lopes on Unsplash

Membangun bisnis menjadi pilihan banyak orang, khususnya bagi mereka yang tidak mau bekerja dengan dibawah naungan perusahaan orang lain. Membangun sebuah bisnis memang menjadi peluang bagi Anda menuju kesuksesan, namun hal ini harus disertai dengan kerja keras dan doa.

Jika Anda hendak berpikir membangun sebuah bisnis, tentu Anda tidak bisa melakukannya sendiri. Anda bisa membangun bisnis dengan orang lain yang bisa dijadikan rekan bisnis Anda. Namun, Anda harus pandai-pandai mencari rekan bisnis agar tidak merugikan Anda karena rekan bisnis merupakan seseorang yang akan bekerjasama membangun dan mengembangkan bisnis Anda dari dua pemikiran yang berbeda.

Memilih rekan bisnis yang tepat untuk diajak bekerjasama sebaiknya tidak asal pilih karena jika salah akan mempertaruhkan masa depan bisnis yang sedang Anda kelola. Perlu diketahui bahwa banyak bisnis hancur hanya karena hubungan rekan kerja yang kurang efektif sehingga hal ini akan berdampak juga pada klien ataupun konsumen.

Untuk itu, berikut merupakan cara memilih rekan bisnis yang tepat agar bisnis Anda bisa berjalan lancar.

1. Memiliki visi dan misi yang sama

Pertama-tama, pastikan bahwa calon rekan bisnis Anda memiliki visi dan misi yang sama. Perbedaan visi dan misi antara Anda dan rekan bisnis Anda akan sulit dipadukan dalam sebuah kerjasama yang efektif.

Perbedaan pendapat memang suatu hal yang wajar, akan tetapi jika tujuannya sudah berbeda maka bukan hal tidak mungkin jika Anda dan rekan bisnis Anda akan selalu sering berselisih terkait ide, gagasan dan pemahaman. Dan hal inilah yang akan menyebabkan bisnis tidak dapat berkembang.

Untuk itu, diperlukan kesamaan visi dan misi untuk membentuk sikap saling mendukung, kompak dan saling membantu dalam membangun bisnis. Dengan demikian, bisnis yang dikelola akan lebih cepat berkembang.

2. Dapat dipercaya

Dalam menjalankan sebuah bisnis, kepercayaan merupakan modal utama. Karena kepintaran saja tidak cukup jika ia tidak bisa dipercaya. Rekan bisnis yang dapat dipercaya akan membuat Anda lebih nyaman mengelola bisnis tanpa adanya rasa curiga atau keraguan apapun.

3. Memiliki komunikasi yang baik

Komunikasi merupakan hal penting dalam membangun dan menjalankan bisnis. Untuk itu, dalam memilih rekan bisnis sebaiknya kenali cara komunikasi dia. Karena komunikasi yang baik akan sangat dibutuhkan dalam membangun kerjasama yang sehat.

Pastikan Anda memilih rekan bisnis yang memiliki komunikasi baik. Karena komunikasi yang baik dapat menjadi dasar untuk membangun banyak hal seperti kepercayaan dan lain sebagainya.

4. Jujur dan terbuka satu sama lain

Dalam membangun bisnis bersama, penting bagi Anda memilih rekan bisnis yang jujur dan terbuka satu sama lain. Selain kepercayaan, komunikasi dan sebagainya, kejujuran menjadi poin yang wajib diperhatikan.

Untuk itu, pastikan Anda memilih rekan bisnis yang jujur, karena rekan bisnis dengan sikap jujur sudah pasti memiliki tanggung jawab dan kerja yang baik. Dengan jujur dan saling terbuka satu sama lain akan mempererat kerjasama dalam membangun bisnis.

5. Saling melengkapi

Dalam melakukan kerjasama dengan rekan bisnis, Anda dan rekan bisnis diharuskan untuk saling melengkapi. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan setiap orang tentu memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Untuk itu, Anda dan rekan bisnis harus dapat bekerjasama baik dengan cara saling melengkapi berbagai kekurangan dengan cara yang tepat.

6. Memiliki kredibilitas baik

Memilih rekan bisnis memang bukan hal yang asal pilih saja, Anda juga harus mengetahui kepribadiannya dan riwayat hidupnya. Anda bisa melihat calon rekan bisnis Anda memiliki pengalaman bisnis yang baik atau tidak. Hindari memilih calon rekan bisnis yang memiliki rekam jejak bisnis yang buruk seperti melakukan kejahatan atau kecurangan.

7. Memiliki kemampuan SDM (Sumber Daya Manusia)

Anda sebaiknya memilih calon rekan bisnis yang memiliki kemampuan SDM (Sumber Daya Manusia) yang tinggi sehingga dengan demikian Anda akan mampu bekerjasama dan tidak terbebani banyak hal. Karna dengan rekan bisnis yang memiliki SDM (Sumber Daya Manusia) tinggi akan meringankan pekerjaan Anda.

Bagaimana? Memilih rekan bisnis memang tidak semudah yang dibayangkan bukan? Pastikan Anda memilih rekan bisnis yang tepat agar bisnis Anda dapat berkembang dengan baik.

“Baca Juga Cara Memulai Usaha Kuliner Untuk Pemula”

Kamu Mungkin Juga Suka…

Bagaimana Cara Menemukan Lokasi Bisnis

Bagaimana Cara Menemukan Lokasi Bisnis

Dalam menemukan lokasi bisnis anda harus memperhatikan biaya beli atau sewa, apakah lokasi mudah terjangkau, bagaimana perizinan tempat bisnis anda, dan lingkungan area bisnis anda.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *