(021) 28541720

Berikut Ini Tips dalam Menjalankan Bisnis Batik

9 October 2019

Photo via Muhammad Febri Akbar Perkasan on Wikimedia Commons
Bisnis Batik
Photo via Muhammad Febri Akbar Perkasan on Wikimedia Commons
 

Batik menjadi peluang bisnis yang tidak akan pernah mati di Indonesia, terlebih saat ini sudah muncul model batik modern. Sebagai bagian dari budaya Indonesia, batik sangat terkenal hingga ke berbagai negara. Apalagi dari pihak pemerintah kita saja sudah mengeluarkan sebuah peraturan untuk mengembangkan serta mempertahankan budaya batik.

Beberapa perusahaan bahkan mewajibkan karyawannya untuk menggunakan batik pada hari Jumat. Sebagai upaya agar masyarakat semakin mengenal dan tidak lupa akan ciri khas budaya bangsa. Bahkan pemimpin beberapa negara juga kerap memakai batik pada kesempatan tertentu. Oleh karena itu peluang bisnis ini masih sangat potensial.

Dalam memulai bisnis batik ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan, antara lain:

1. Kreatif adalah Kunci untuk Bersaing

Walau memiliki pasar yang potensial, namun tingkat persaingan pada bisnis batik sangatlah ketat. Terlebih saat ini muncul batik modern wanita yang banyak dicari. Kebutuhan wanita akan batik yang semakin tinggi mengakibatkan munculnya pengusaha batik. Oleh karena itu jika Anda tidak kreatif akan cukup sulit untuk bersaing.

Buatlah desain produk batik yang menawarkan sesuatu yang baru dan berbeda jika dibandingkan dengan produk kompetitor. Jangan terjebak pada konsep batik yang sama, tetapi cobalah untuk berpikir out of the box namun masih bisa diterima oleh masyarakat.

2. Jangan Berhenti Melakukan Inovasi

Inovasi membuat produk batik Anda nantinya akan memiliki ciri khas tersendiri. Karena membuat sebuah batik terlebih untuk pasar anak muda, penggabungan antara nilai budaya serta seni harus dilakukan dengan cara-cara yang kreatif. Jika tidak, kemungkinan besar produk Anda akan tertinggal cukup jauh.

Salah satu cara agar bisa menciptakan sebuah produk yang inovatif adalah dengan tidak terjebak tren pasar. Sebuah tren biasanya berlangsung dalam jangka waktu yang pendek saja, sehingga kemungkinan kita akan sulit untuk mendapatkan konsumen setia. Lebih baik Anda menciptakan batik yang memiliki ciri khas dan disukai oleh berbagai kalangan masyarakat.

3. Manfaatkan Media Sosial untuk Strategi Pemasaran

Saat ini kehadiran media sosial akan mempermudah Anda dalam melakukan pemasaran produk. Banyak perusahaan yang membuat content marketing agar calon konsumen bisa mengenal lebih baik lagi tentang produk.

Batik modern pria maupun wanita banyak dicari melalui media sosial. Anda bisa memasarkan produk tersebut melalui berbagai platform seperti Instagram, Facebook, dan Youtube. Ketiga media sosial tadi memiliki jumlah pengguna yang sangat besar. Oleh karena itu potensi pasarnya juga akan cukup tinggi, sehingga mudah memasarkan produk batik Anda.

4. Perhatikan Kompetitor Anda

Melakukan analisis terhadap kompetitor merupakan langkah yang penting dalam pengelolaan persaingan. Jika Anda ketinggalan informasi sedikit saja, maka ada banyak peluang yang bisa terlewatkan. Analisis para kompetitor dari segi keunggulan serta kekurangan mereka.

Dengan demikian, Anda bisa menilai posisi produk Anda dan melakukan berbagai strategi yang ingin diterapkan. Jangan lupa untuk melakukan analisis pasar serta memprediksi perilaku konsumen dan pesaing.

5. Membangun Hubungan Baik dengan Konsumen

Konsumen merupakan mitra yang penting dalam jenis bisnis apa pun. Terlebih batik modern adalah salah satu produk pasar yang sering dicari dan dinilai oleh konsumen. Menyediakan produk yang tidak sesuai dengan keinginan dan harapan mereka maka akan sulit untuk mendapatkan konsumen setia.

Oleh karena itu ciptakanlah hubungan yang baik antara Anda dengan konsumen. Salah satu cara yang paling utama adalah dengan menghasilkan produk batik yang berkualitas serta bernilai seni tinggi. Dengan demikian konsumen akan percaya terhadap perusahaan Anda, karena keinginan mereka bisa terpenuhi.

Kantor konvensional, kantor virtual, strategi marketing, virtual office, virtual office jakarta, virtual office jakarta selatan.

“Baca Juga Jawab Pertanyaan Ini Saat Anda Sedang Menyusun Visi Perusahaan”

Kamu Mungkin Juga Suka…

Bagaimana Cara Menemukan Lokasi Bisnis

Bagaimana Cara Menemukan Lokasi Bisnis

Dalam menemukan lokasi bisnis anda harus memperhatikan biaya beli atau sewa, apakah lokasi mudah terjangkau, bagaimana perizinan tempat bisnis anda, dan lingkungan area bisnis anda.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *