(021) 28541720

Hal-Hal Yang perlu Diperhatikan Saat Menyusun Strategi Marketing

4 January 2020

Photo by Diggity Marketing on Unsplash

Dalam melakukan pemasaran produk bisnis, tentu Anda memerlukan strategi marketing yang tepat agar penjualan produk berjalan baik dan memperoleh keuntungan. Saat ini strategi marketing bisa dibuat dengan berbagai macam konsep, terutama dengan memanfaatkan internet.

Dengan memanfaatkan internet dan media sosial, pebisnis sudah dapat mempromosikan produknya dengan menyajikan informasi produk dengan disertai foto dan video. Hal ini dinilai cukup efektif untuk memikat calon pelanggan.

Meski saat ini sudah banyak sumber referensi online yang dapat membantu Anda untuk menentukan budget marketing, namun jangan pernah melewatkan strategi marketing itu sendiri. Seiring berjalanya waktu, budget marketing terus bertambah sehingga Anda perlu menyesuaikan strategi marketing dengan baik.

Oleh karena itu, saat menyusun strategi marketing, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti berikut ini:

1. Menentukan Target Konsumen untuk Strategi Marketing yang Baik

Sebagai pebisnis Anda perlu mengetahui target konsumen yang akan dipilih. Hal ini tentu berpengaruh dengan strategi marketing Anda. Misalnya Anda memiliki produk untuk konsumen kalangan anak muda, maka target konsumen sudah jelas kalangan anak muda dengan rentang usia 17 hingga 30 tahun.

Perlu diingat bahwa sebaiknya Anda tidak menawarkan hanya satu jenis produk saja, sebaiknya miliki paling sedikit 2 atau 3 produk untuk meningkatkan penjualan. Hal ini agar bisa membuat bisnis Anda memperoleh keuntungan dan pemasaran bisa lebih tepat sasaran.

2. Memiliki Tujuan yang Jelas

Setelah menentukan target konsumen, langkah selanjutnya adalah Anda harus memiliki tujuan yang jelas. Tanpa adanya tujuan yang jelas maka pemasaran tentu tidak akan berjalan dengan baik sesuai apa yang Anda harapkan.

Dengan adanya tujuan yang sudah ditetapkan dalam strategi marketing, maka bisnis Anda akan berada di arah yang benar. Lakukan berbagai evaluasi selama rencana berjalan, hal ini dilakukan agar strategi yang diterapkan tidak melenceng dari tujuan. Kerja sama tim sangat penting untuk mencapai tujuan tersebut.

3. Gunakan Media Pemasaran yang Sesuai

Di era modern saat ini, masyarakat lebih sering menghabiskan waktunya di depan gadget atau smartphone mereka. Ini bisa Anda manfaatkan untuk melakukan pemasaran menggunakan internet dan media sosial.

Selain itu, pemanfaatan internet dan media sosial bisa menjadi cara efektif untuk melakukan pemasaran dan mampu menjangkau banyak orang. Terlebih biaya pemasaran ini cukup terjangkau hanya membutuhkan jaringan internet, laptop, gadget, dan smartphone.

4. Fokus Pada Strategi

Setelah mengetahui siapa target pemasaran dan bagaimana tujuan yang akan dicapai, maka selanjutnya Anda perlu fokus pada strategi. Tujuannya agar pemasaran kepada calon konsumen lebih tepat sasaran.

Hal ini memungkin Anda lebih efisien dan efektif dalam memanfaatkan biaya pemasaran. Strategi yang kurang tearah biasanya membutuhkan lebih banyak biaya. Dan belum tentu juga target yang ditentukan bisa terpapar oleh informasi produk yang Anda jual.

5. Membentuk Tim Pemasaran

Penting bagi Anda memiliki tim pemasaran atau marketing untuk mengeksekusi rancangan pemasaran dengan baik. Anda bisa merekrut beberapa orang untuk menjadi bagian dari tim marketing. Pastikan Anda memilih individu yang sesuai dengan kemampuannya masing-masing dan jangan sampai salah memilih bagian dari tim.

Karena, tim akan menjadi penentu bagaimana kelangsungan bisnis Anda. Pastikan juga tim yang Anda bentuk mampu berkomitmen dan fokus dengan tujuan utama.

6. Menentukan Budget Marketing

Setelah kelima point di atas telah Anda terapkan maka langkah selanjutnya adalah menentukan budget marketing. Anda harus mampu memperkirakan besar budget marketing yang dibutuhkan. Pastikan Anda konsisten dalam menentukan budget marketing. Anda juga harus bisa mengikuti perkembangan ekonomi karena budget bisa sewaktu-waktu berubah.

Cobalah Anda menentukan budget yang realistis dan mulai mengukur talenta yang tersedia. Jangan lupa rancangan keuangan tersebut digunakan untuk target marketing dalam jangka panjang. Pastikan Anda menentukan budget marketing dengan tepat agar rencana marketing Anda dapat berjalan dengan lancar.

“Baca Juga Alasan Virtual Office Membuat Kita Lebih Produktif”

Kamu Mungkin Juga Suka…

Bagaimana Cara Menemukan Lokasi Bisnis

Bagaimana Cara Menemukan Lokasi Bisnis

Dalam menemukan lokasi bisnis anda harus memperhatikan biaya beli atau sewa, apakah lokasi mudah terjangkau, bagaimana perizinan tempat bisnis anda, dan lingkungan area bisnis anda.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *