(021) 28541720

Inilah 5 Strategi Tepat untuk Memperluas Pangsa Pasar

9 October 2019

Photo by William Iven on Unsplash
memperluas pangsa pasar
Photo by William Iven on Unsplash

Dalam menjalankan sebuah bisnis, tentu penting bagi pebisnis untuk memperluas pangsa pasar. Memperluas pangsa pasar bertujuan untuk memiliki pasar lebih luas bagi suatu produk yang dihasilkan dari bisnis tersebut.

Untuk memperluas pangsa pasar, pebisnis harus memiliki strategi yang tepat. Biasanya dilakukan dengan menambahkan produk atau layanan baru, menargetkan penambahan pelanggan, melakukan promosi, dan banyak lagi lainnya.

Memperluas pangsa pasar disebut juga memperluas bisnis Anda. Perlu Anda ketahui bahwa jika pangsa pasar bisnis Anda meningkat, maka permintaan pun akan meningkat, sehingga jumlah produk yang dihasilkan tentu harus meningkat. Terlebih bagian tenaga produksi yang juga harus ditambah jumlahnya.

Anda bisa memperluas pangsa pasar dengan kemampuan Anda sendiri, tentunya dengan 5 strategi yang tepat seperti berikut ini:

1.Menambahkan produk dan layanan baru

Strategi yang pertama ini memang terdengar sederhana. Namun, perlu Anda ketahui jika mencoba menambahkan produk dan layanan baru dalam bisnis Anda, maka tidak menutup kemungkinan jika bisa memperluas pangsa pasar sebuah bisnis.

Dalam stratgei pertama ini diperlukan keseriusan dan konsistensi. Sebagai pebisnis Anda harus tahu produk dan layanan seperti apa yang diinginkan konsumen. Dan Anda juga harus tahu bahwa apa produk dan layanan baru yang Anda ciptakan memenuhi permintaan konsumen atau tidak.

2. Membuat target

Dalam memperluas pangsa pasar bisnis, penentuan target adalah hal yang penting. Target bisa Anda coba dari produk yang dihasilkan dari bisnis Anda lebih menjurus ke kalangan tertentu, usia, jenis kelamin, atau orang dengan minat-minat tertentu.

Di sini juga Anda perlu membuat target pelanggan yang lebih banyak. Anda bisa menarik perhatian calon pelanggan dengan memasarkan produk dengan cara memanfaatkan media sosial atau orang terdekat.

3. Mencoba sistem penjualan baru

Jika sebelumnya hanya menjual produk di toko dan menetap di sana, kini Anda bisa mencoba menjual produk dengan memanfaatkan media Internet. Internet merupakan salah satu media penjualan terbaik yang mampu mempromosikan dan menjual produk Anda ke berbagai penjuru negara.

Sebagai pebisnis, tentu Anda harus mengikuti perkembangan zaman, dimana saat ini semua bisnis sudah menggunakan internet dan media sosial sebagai tempat untuk berjualan dan mempromosikan produk yang dihasilkan.

Terlebih di era saat ini hampir semua orang menggunakan internet dan media sosial sehingga Anda tentu memiliki peluang untuk menarik para pelanggan membeli produk Anda. Terlebih dengan adanya penjualan berbasis internet dan media sosial maka pelanggan tidak perlu repot datang ke toko secara langsung.

4. Bentangkan bisnis Anda ke wilayah baru

Strategi yang satu ini bertujuan untuk memasarkan atau menjual produk Anda pada pelanggan baru dari segmen yang berbeda atau lokasi yang berbeda dari tempat Anda beroperasi. Jika sebelumnya bisnis Anda berjenis ritel atau toko, maka kali ini Anda sebaiknya membuka bisnis Anda di wilayah baru.

5. Mengambil alih bisnis lain

Strageti terakhir yang bisa Anda lakukan untuk memperluas pangsa pasar bisnis Anda adalah dengan mengambil alih bisnis lain. Strategi yang satu ini mungkin menjadi cara tercepat untuk pertumbuhan dan ekspansi bisnis Anda.

Penggabungan bisnis lain ini memang faktanya dapat melipatgandakan ukuran bisnis Anda dalam semalam, sekaligus adanya pertumbuhan penjualan dan pendapatan secara eksponensial. Akan tetapi, pada strategi ini Anda perlu melakukan riset menyeluruh sebelum melang lebih jauh dengan penggabungan usaha.

Dari kelima strategi di atas tentu Anda sebagai pebisnis sudah memiliki gambaran apa saja yang harusnya dilakukan sebelum memperluas pangsa pasar bisnis Anda. Disini Anda juga sudah tahu bagaimana suatu bisnis bisa mengembangkan atau meningkatkan jumlah pelanggan sehingga memiliki peluang untuk mendapatkan penghasilan yang tinggi.

Itulah 5 strategi yang tepat dalam memperluas pangsa pasar. Perlu diingat, jika bisnis Anda sudah berkembang besar, dan sudah mampu memperluas pangsa pasar, hal yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah mempertahankannya. Karena Anda tentu tidak mampu memperluasnya lagi dan pastikan Anda tidak terlena dalam pertumbuhan bisnis yang justru membuat bisnis Anda tidak berjalan baik.

“Baca Juga 5 Cara yang Bisa Dilakukan untuk Menganalisis Pasar”

Kamu Mungkin Juga Suka…

Bagaimana Cara Menemukan Lokasi Bisnis

Bagaimana Cara Menemukan Lokasi Bisnis

Dalam menemukan lokasi bisnis anda harus memperhatikan biaya beli atau sewa, apakah lokasi mudah terjangkau, bagaimana perizinan tempat bisnis anda, dan lingkungan area bisnis anda.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *