(021) 28541720

Inilah Strategi Bisnis yang Perlu Anda Terapkan untuk Menghadapi Kerasnya Persaingan

9 September 2019

Photo by Adeolu Eletu on Unsplash
Strategi bisnis
Photo by Adeolu Eletu on Unsplash

Anda tentu bertanya-tanya mengapa Google bisa begitu besar hingga sekarang? Demikian juga dengan Apple dan Samsung, mengapa mereka tetap mampu mengeluarkan banyak produk baru secara konsisten? Perusahaan tersebut bahkan pada awal mulanya memulai bisnis dengan tidak meyakinkan. Selain karena modal yang minim, SDM yang mereka miliki juga sangat terbatas.

Perkembangan perusahaan besar dimulai dari strategi yang tepat. Memenuhi kebutuhan pelanggan Anda tentu tidak bisa sembarangan. Karena Anda juga harus memastikan bahwa pelanggan potensial bisa menjadi pelanggan setia.

Apple dan Samsung selalu mengeluarkan produk premium untuk memenuhi hasrat eksklusif dari pelanggannya. Google selalu memunculkan inovasi yang membuat pengguna merasa nyaman saat menggunakan layanannya. Langkah-langkah yang mereka lakukan tersebut berawal dari desain strategi yang tepat. Lalu apa saja strategi tersebut? Berikut di antaranya:

1. Membuat Produk dengan Kualitas Terbaik

Salah satu layanan terbaik yang bisa Anda berikan pada konsumen Anda adalah produk dengan kualitas terbaik. Ada banyak indikator untuk menentukan sebuah produk berkualitas atau tidak, salah satunya adalah terpenuhinya keinginan konsumen Anda.

Kebanyakan perusahaan saat ini terjebak dalam persaingan harga. Kompetisi semacam ini terkadang dampaknya menjadi tidak baik, karena bisa jadi Anda akan abai terhadap kualitas produk. Oleh karena itu jangan sekali-sekali terjebak dalam ritme kompetisi ini. Tetaplah yakin bahwa selama keinginan konsumen bisa terpenuhi, maka bisnis Anda selalu ada di barisan terdepan.

2. Sistem Operasional yang Efektif

Menciptakan sebuah produk tentu harus melalui alur operasional, kadang bisa panjang kadang bisa pendek. Namun, sebagai seorang pengusaha Anda harus membuat alur produksi tersebut menjadi lebih efisien. Harapannya cost yang Anda alokasikan untuk produksi tidak terlampau besar. Karena masih banyak kebutuhan lain yang harus Anda penuhi untuk menjalankan bisnis tersebut.

Alur produksi yang efektif tentu akan membuat produk Anda sampai tepat waktu di tangan konsumen. Hal ini untuk menghindari ketidakmampuan perusahaan dalam memenuhi kebutuhan konsumen di waktu tertentu. Akibatnya konsumen akan pindah ke produk lain yang sejenis.

3. Kedekatan dengan Pelanggan

Relasi yang bertahan lama antara Anda dengan pelanggan adalah tujuan utama yang harus menjadi prioritas. Hubungan yang baik ini bisa tercapai jika Anda mampu mengetahui apa yang menjadi keinginan mereka. Lalu mengelolanya menjadi inovasi dari produk Anda. Dengan demikian apa yang menjadi harapan mereka bisa Anda berikan.

Kedekatan ini bisa muncul jika Anda mau terbuka terhadap kritik dan saran dari mereka. Feedback yang mereka berikan tentu bisa menjadi bahan pertimbangan yang cukup penting dalam pengembangan produk Anda. Pastikan juga bahwa Anda merespon apa yang mereka sampaikan dengan baik dan penuh perhatian.

4. Mengetahui Pesaing Bisnis

Strategi berikutnya dalam menghadapi kompetitor adalah dengan mengenali mereka secara mendalam. Anda harus mengetahui produk apa saja yang mereka buat, keunggulan yang ditawarkan, serta bagaimana langkah mereka dalam berinteraksi dengan konsumen. Dari proses pengenalan tersebut Anda tentu bisa mengetahui bagaimana kekurangan dan kelebihan dari pesaing.

Dari kelebihan bisnis pesaing, Anda bisa melakukan pengembangan dan menawarkan sesuatu yang lebih baik lagi. Sementara dari kekurangannya Anda bisa membuat produk Anda menjadi lebih baik dari mereka, serta tidak terjatuh dalam kesalahan yang sama dengan pesaing produk Anda. Dengan demikian Anda bisa menjadi selangkah lebih maju dari pesaing bisnis.

Bisnis, kantor konvensional, kantor virtual, konsep bisnis, strategi bisnis, strategi marketing.

“Baca Juga Kunci dalam Membangun Perusahaan yang Stabil”

Kamu Mungkin Juga Suka…

Bagaimana Cara Menemukan Lokasi Bisnis

Bagaimana Cara Menemukan Lokasi Bisnis

Dalam menemukan lokasi bisnis anda harus memperhatikan biaya beli atau sewa, apakah lokasi mudah terjangkau, bagaimana perizinan tempat bisnis anda, dan lingkungan area bisnis anda.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *