(021) 28541720

Dampak Banjir Terhadap Bisnis

4 January 2020

Dampak banjir pada bisnis

Dampak banjir memang tidak dapat ditolak pada saat musim hujan seperti sekarang ini. Banyak yang harus disiapkan untuk mengantisipasi hal terburuk dari banjir, terutama yang berkaitan dengan sektor bisnis Anda.

Banyak kerugian yang bisa ditimbulkan oleh bencana alam ini jika tidak menyiapkan langkah preventif sejak awal. Kerugian tersebut bahkan bisa memberi beban yang besar pada anggaran keuangan bisnis Anda. Dampaknya cashflow tidak lancar, unit usaha tidak berjalan dengan baik, dan produk sulit untuk dijual.

Antisipasi Dampak Banjir Sedari Dini

Bencana memang sulit untuk diprediksi. Sebagai pebisnis, Anda tentu harus melakukan beberapa langkah persiapan penting untuk mengurangi dampak buruk yang terjadi. Berikut adalah 10 upaya mengantisipasi dampak buruk banjir terhadap bisnis Anda.

1. Mempersiapkan Asuransi

Asuransi adalah jawaban yang tepat untuk melindungi semua harta benda perusahaan Anda. Daftarkan harta perusahaan yang memang sangat penting untuk keberlangsungan bisnis Anda.

Contohnya: jika Anda memiliki bisnis bakery maka yang diasuransikan mesin-mesin pembuatan roti. Jika Anda memiliki bisnis di bidang travelling, maka yang diasuransikan adalah mobil-mobil dan kebutuhan operasional lainnya. Memang tidak murah untuk per bulannya namun berguna sekali saat terjadi bencana banjir.

2. Memilih Lahan yang Memiliki Potensi Minim Dampak Banjir

Sebelum memulai usaha, hal penting lainnya adalah pemilihan lahan untuk berdirinya kantor atau unit operasional bisnis Anda. Sebaiknya lihat dan pilih lahan yang bertempat jauh dari potensi terkena banjir. Lahan ini adalah investasi bisnis Anda untuk jangka panjang maka pikirkan dengan sangat matang dan strategi yang tepat.

3. Membangun Rumah Lebih Dari Satu Lantai untuk Antisipasi Dampak Banjir

Merencanakan membangun rumah lebih dari satu lantai adalah pemikiran yang mengutamakan savey. Dengan adanya lantai dua atau tiga, Anda dapat mengungsikan barang dagangan jika sewaktu-waktu terjadi banjir, sehingga kerugian yang di derita dapat diminimalisir.

4. Tidak Banyak Menyetok Barang Dagangan

Ada baiknya sebelum memasuki musim hujan, Anda menghentikan stok barang di gudang. Agar jika terjadi banjir melanda sewaktu-waktu, Anda tidak mengalami kerugian besar.

5. Memasang Alarm Banjir

Ini langkah preventif selanjutnya. Alarm banjir sebetulnya hanyalah sebutan untuk alarm yang mendeteksi adanya air jika sudah melebihi ambang batas. Alarm ini dapat disetel sesuai kebutuhan Anda.

6. Menyediakan Diesel 

Guna dari diesel ini disediakan adalah sebagai alat untuk memompa air keluar dari ruangan, jika memang kantor atau rumah atau pabrik Anda terendam air. Pemompaan ini berguna mengurangi debit air yang masuk yang dapat membuat basah dan terkadang rusak alat perusahaan atau barang yang ada.

7. Mempersiapkan Peralatan Keselamatan

Ini bisa dilakukan mulai dari sebelum musim penghujan datang. Peralatan keselamatan ini antara lain: senter, selimut, mie instan, air mineral botol, jas hujan, perahu karet, lilin, dan ban karet.

8. Mengupdate Berita Banjir Lewat Media Cetak, Elektronik Maupun Sosial

Anda bisa melakukan hal ini sebagai referensi informasi. Jadi Anda mengetahui sejauh mana banjir berada. Langkah ini dapat membantu Anda dan segenap pekerja untuk mempersiapkan segala kemungkinan penanggulangan banjir bila melanda lokasi kantor atau pabrik Anda.

9. Mempersiapkan Nomor Telepon Darurat Instansi terkait

Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan adalah meminta bantuan instansi terkait jika banjir sudah mengkhawatirkan. Mereka akan membantu mengevakuasi Anda beserta dokumen dan alat penting lainnya. Pastikan nomor telepon tersebut dapat terlihat dengan mudah di dalam gedung. Lakukan evakuasi secepat mungkin sebelum banjir semakin parah.

“Baca Juga Ingin Menaikkan Harga Produk Tanpa Kehilangan Pelanggan? Ini Dia Tipsnya”

Kamu Mungkin Juga Suka…

Bagaimana Cara Menemukan Lokasi Bisnis

Bagaimana Cara Menemukan Lokasi Bisnis

Dalam menemukan lokasi bisnis anda harus memperhatikan biaya beli atau sewa, apakah lokasi mudah terjangkau, bagaimana perizinan tempat bisnis anda, dan lingkungan area bisnis anda.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *