(021) 28541720

Alasan dan Keuntungan Memulai Bisnis Sendiri

17 October 2020

Alasan Memulai Bisnis

Bisnis pada dasarnya adalah kemampuan seseorang mengelola aset yang dimiliki menjadi sebuah produk yang memiliki nilai jual. Proses pengelolaan aset memang bermacam-macam, tergantung preferensi, minat, dan kebutuhan seseorang saat menjalankan bisnisnya. Namun yang bisa kita setujui bersama adalah bisnis merupakan bentuk aktualisasi diri kita yang sebenarnya.

Ada banyak proses, motivasi, dan cara orang dalam memulai bisnis. Sebagian melakukannya sebagai coba-coba untuk tes pasar. Banyak juga yang sudah memulai dari sangat serius karena memang ingin dijadikan penghasilan utama. Keduanya tentu tidak salah, karena proses yang dilakukan adalah mengelola aset yang mereka miliki. Apapun cara dan motivasinya, sejauh ini bisnis bukan menjadi hal yang harus ditakuti untuk dimulai.

Tidak ada yang salah mengenai motivasi Anda dalam memulai bisnis. Profit, kebebasan finansial, hobi, kesenangan, apapun itu berbisnis merupakan wadah yang tepat untuk aktualisasi diri. Bisnis juga tidak ada kaitannya dengan karakter personal. Dunia bisnis merupakan dunia yang universal bisa diisi oleh siapapun, tidak dibatasi oleh stigma dan stereotip yang muncul di tengah masyarakat.

Bisnis juga menjadi wadah yang kompleks. Ada banyak hal yang terkait dan saling berpengaruh walau hanya memiliki produk. Mulai dari ekosistem bisnis, relasi, konsumen, tim, fasilitas, modal, dan banyak lagi lainnya. Namun hal tersebut bukanlah sebuah tantangan bahkan hambatan, jika dikelola dengan baik elemen-elemen tadi adalah keuntungan yang baik bagi bisnis Anda.

Alasan Harus Memulai Bisnis Sendiri

Kenapa Mulai Bisnis

Memiliki bisnis sendiri bukan persoalan tentang siapa yang paling kaya atau pintar. Memulai usaha sendiri itu artinya Anda memiliki keyakinan dan keberanian yang cukup besar untuk menjalani tantangan hidup yang lebih lagi sekaligus memaksimalkan potensi yang dimiliki. Ada ribuan ide bisnis yang beredar di luar sana. Beberapa diantaranya merupakan ide baru, sementara yang lainnya telah diterapkan oleh ratusan bahkan ribuan orang. Banyak dari ide-ide ini sederhana, lugas, dan murah sebagai langkah untuk memulai bisnis. 

Mulailah dari yang kecil dan sederhana, kemudian lakukan brainstorming terhadap ide yang muncul. Jika sudah menemukan formulasi dan konsep yang tepat, Anda bisa segera mengeksekusinya menjadi sebuah bisnis. Ada banyak sekali keuntungan dari membuka bisnis sendiri. Berikut adalah keuntungan dari memulai bisnis.

1. Menambah Penghasilan

Jika Anda bertanya kepada hampir semua pemilik bisnis mereka mengapa mereka memulai usahanya, salah satu alasannya pasti selalu demi meraih penghasilan. Meskipun profitabilitas bukanlah jaminan yang bisa didapat dengan mudah saat berbisnis, namun Anda sudah memulai langkah yang baik. Seperti disebutkan sebelumnya, apapun tujuan dan motivasi dalam berbisnis tetap jalankan dengan penuh keseriusan. Penghasilan yang Anda raih adalah gambaran usaha (formulasi, konsep, dan eksekusi) yang Anda jalani dalam berbisnis.

2. Memperluas Jaringan

Sebelumnya telah disebutkan bahwa bisnis adalah wadah yang kompleks. Ada banyak relasi dan faktor yang saling memberi pengaruh. Salah satunya adalah hubungan antara Anda dengan konsumen atau klien. Bisnis dalam hal ini tidak bisa Anda pikul seorang diri saja. Klien dan konsumen berperan penting dalam eksistensi bisnis yang Anda bangun.

Hubungan yang baik dan luas tentu akan berdampak positif pada bisnis Anda. Mulai dari menambah relasi bisnis, memperluas citra brand, hingga kemungkinan adanya kolaborasi yang saling menguntungkan. Oleh karena itu jangan ragu untuk tetap membuka diri terhadap orang lain saat menjalankan sebuah bisnis.

3. Modal di hari tua

Jika Anda bertujuan untuk memiliki hari tua yang bebas dan santai, maka berbisnislah. Masa-masa hari tua yang menyenangkan sulit didapat dengan menjadi pekerja biasa. Anda akan terjebak pada rutinitas kaku dan tidak fleksibel. Sementara dengan berbisnis Anda bisa dengan bebas mengatur waktu seharian saat hari tua. Komando bisnis bisa tetap dilakukan namun tidak sesering dan seaktif sebelumnya.

4. Mempelajari Keterampilan Baru

Semakin banyak bekerja untuk membangun bisnis, maka semakin besar rasa ingin tahu Anda. Saat bisnis sudah mulai berkembang, Anda akan mempelajari banyak hal mulai dari manajemen waktu, pembukuan, jenis pemecahan masalah, pajak, pemasaran, dan banyak keterampilan lainnya. 

Keterampilan-keterampilan tersebut tentu menjadi modal yang baik untuk perkembangan bisnis Anda. Sebagai pimpinan Anda tentu harus menguasai seluruh aspek yang ada dalam perusahaan. Semakin terampil diri Anda, maka semakin luas juga pemahaman terhadap bisnis. Ini adalah keuntungan yang baik untuk mencapai harapan dan tujuan bisnis yang telah dibangun.

Keuntungan Memiliki Bisnis Sendiri

Bagaimanapun membuka bisnis sendiri memang sangat dianjurkan. Anda bisa belajar lebih mandiri dan peka terhadap peluang usaha yang muncul. Berbisnis menjadikan Anda mengetahui secara luas potensi usaha yang dimiliki. Selain itu berikut ini adalah keuntungan dari memiliki bisnis sendiri.

Keuntungan Berbisnis

1. Anda adalah Seorang Bos

Jika Anda pernah bekerja di kantor atau di tempat lain, tentu ada banyak hambatan yang menghalangi untuk mengembangkan diri. Anda tidak bisa bebas dalam berkreasi untuk memunculkan banyak ide baru. Hambatan tersebut tidak akan ada jika Anda yang menjadi pemimpin usaha yang dibangun.

Secara kontekstual, bisnis menjadi wadah yang baik dalam mengembangkan diri. Baik itu karakter, karier, maupun secara sosial. Keterkaitan bisnis dengan banyak hal membuat Anda harus mampu memimpin tim berjalan sesuai dengan visi dan misi yang telah dibangun sebelumnya.

2. Membantu Membuka Lapangan Pekerjaan

Salah satu kontribusi dari seorang yang memiliki bisnis adalah membantu banyak orang. Salah satunya melalui lapangan pekerjaan. Menurut data Kementerian Perindustrian, dibutuhkan setidaknya 4 juta pengusaha baru di Indonesia untuk memperkuat struktur ekonomi. Bayangkan jika satu orang pengusaha minimal bisa mempekerjakan 10 orang saja, maka akan ada 40 juta orang yang terbantu secara ekonomi. Hal inilah yang ingin dicapai oleh Indonesia, dengan adanya pengusaha baru maka secara ekonomi Indonesia bisa menjadi lebih kuat dan stabil.

3. Memiliki Banyak Waktu Bersama Keluarga

Anda bisa lebih banyak berkumpul bersama keluarga jika memiliki bisnis sendiri. Hal ini tentu sulit didapat ketika bekerja bersama orang lain. Anda akan terlalu sibuk untuk menyelesaikan proyek yang sedang dijalankan. Dengan menjadi pemilik bisnis sendiri, maka Anda akan mendapatkan kebebasan yang sebelumnya belum pernah didapatkan. Hal ini tentu sulit didapat saat Anda menjadi seorang karyawan sebelumnya. 

Berbisnis Saat Ini Jauh Lebih Mudah

Bisnis Lebih Mudah

Potensi bisnis Indonesia sangat besar. Ada banyak hal yang membuat berbisnis saat ini jauh lebih menguntungkan serta lebih mudah. Potensi pasar yang besar serta mudahnya melakukan promosi menjadi sebagian dari banyak hal lain yang membuat menjadi lebih mudah di Indonesia. Namun perlu diakui bahwa ketertarikan masyarakat sendiri masih rendah. 

Dilansir dari Forbes sendiri menyatakan bahwa berbisnis menjadi lebih mudah saat ini dibanding dulu. Walaupun terkesan beresiko, sebenarnya menjalankan usaha di zaman sekarang jauh lebih menyenangkan. Bagaimana bisa berbisnis  menjadi lebih mudah? Ada banyak alasan tentunya, seperti kemajuan teknologi, sistem funding yang terbuka lebar, hingga program kerjasama. Poin-poin ini yang dulu sulit ditemukan apalagi dijalankan oleh para pengusaha sukses. Tiga poin ini akan kita jabarkan satu per satu untuk membantu Anda mengenali dan yakin terjun langsung sebagai pengusaha.

1. Jaringan Internet

Kehadiran internet menjadi pendukung untuk pengembangan bisnis saat ini. Anda menjadi lebih mudah dalam melakukan promosi, memperkenalkan brand , melakukan survei, hingga melakukan riset produk. Kehadiran internet tentu mempermudah Anda dalam membangun sebuah bisnis.

Anda bisa membangun brand, produk, maupun perusahaan dengan cara yang mudah.  Sekarang, Anda tak perlu memasang iklan di majalah ataupun koran. Cukup buat sebuah website atau akun di media sosial, semua orang bisa langsung mengenali. Media promosi ini tentu jauh lebih efektif, mengingat jumlah pengguna internet yang sangat tinggi. 

Setiap harinya, kita tentu mengakses internet untuk kebutuhan sosialisasi maupun mengumpulkan informasi. Nah, hal tersebut bisa Anda manfaatkan pula untuk membangun usaha sendiri. Dari jaringan internet yang jauh lebih baik ini, memunculkan banyak cara untuk berbisnis sehingga lebih mudah.

2. Sumber Pendanaan

Apakah Anda belum memiliki dana yang cukup untuk memulai bisnis? Anda bisa memulai dengan budget yang ada, atau memanfaatkan beberapa aplikasi pendanaan yang terbuka untuk umum yang banyak tersedia di berbagai macam platform. Aplikasi pendanaan semacam ini tak terbatas pada wilayah, sehingga Anda bisa membangun bisnis jadi jauh lebih mudah karena akses dana yang cepat. 

Sumber pendanaan ini bisa diraih tentu jauh lebih mudah. Namun Anda perlu mempersiapkan proposal bisnis yang baik, portfolio yang mumpuni, dan tim yang solid. Investor akan tertarik jika Anda memiliki hal tersebut, terlebih jika bisnis yang dibangun sudah mulai berjalan baik. Satu hal lain yang menguntungkan adalah potensi market yang besar dari luar negeri membuat banyak investor berlomba-lomba ingin menanam modalnya di sini. Ini tentu menjadi kesempatan yang tepat bagi Anda untuk memulai bisnis.

3. Bekerjasama

Merasa belum siap merilis usaha sendiri? Anda bisa memulai bisnis bersama dengan partner yang memiliki visi dan tujuan yang sama. Beberapa website menyediakan program aplikasi yang bisa diikuti oleh semua pihak. Bahkan lini usaha yang ditawarkan pun sangat beragam, mulai dari industri kreatif sampai fashion. Keberadaan rekanan untuk bekerjasama ini tentu memudahkan Anda untuk membangun bisnis secara kecil terlebih dahulu.

Pilihan Ada di Tangan Anda

Apakah Anda mulai tertarik terjun langsung sebagai pengusaha? Ketiga alasan di atas hanya segelintir faktor yang mempermudah para pengusaha memulai langkah di masa sekarang. Kerja keras dan tekad tetap menjadi kunci utama untuk mencapai keberhasilan. Anda tetap perlu belajar banyak hal sebelum memulai usaha, di bidang apapun. Meskipun sering mendengar slogan menjadi pengusaha lebih bebas daripada pekerja, pilihan Anda tetap dihargai. Menjadi pengusaha di tengah kemajuan teknologi dan kian pesatnya arus informasi tentu sangat diuntungkan. 

Oleh sebab itu, temukanlah suatu hal otentik dari usaha yang ingin dibangun. Karya atau produk Anda mungkin bisa ditiru, tapi cuma ada satu pribadi seperti Anda. Jadi, hadirkan diri seotentik mungkin di hadapan para calon customer atau klien untuk tampil berbeda. Tak perlu meniru apa yang sudah ada, tapi ciptakan sesuatu yang berasal dari pikiran dan ide diri sendiri. Dari ide berbeda, orang akan lebih mengenal Anda. Walaupun nantinya ada produk yang menyerupai usaha Anda, orang-orang justru akan tetap bertahan. Hal ini biasanya diikuti oleh pelayanan dan kualitas yang meningkat atau bertahan. Untuk itu, tetaplah berusaha menemukan keaslian dan pelayanan yang baik saat membangun sebuah usaha. 

Pemerintah Indonesia saat ini juga sudah mulai ingin memperbanyak pengusaha. Banyak pelatihan, seminar, dan kegiatan produktif lainnya yang mengarah pada pembentukan karakter seorang pebisnis. Peraturan yang sekiranya menghambat iklim bisnis juga sudah mulai disederhanakan.

Kondisi ini tentu membuat peluang Anda untuk memiliki sebuah bisnis semakin baik. Prospek yang cerah dengan iklim bisnis Indonesia yang mendukung membuat jalan Anda.

Kamu Mungkin Juga Suka…

Bagaimana Cara Menemukan Lokasi Bisnis

Bagaimana Cara Menemukan Lokasi Bisnis

Dalam menemukan lokasi bisnis anda harus memperhatikan biaya beli atau sewa, apakah lokasi mudah terjangkau, bagaimana perizinan tempat bisnis anda, dan lingkungan area bisnis anda.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *