(021) 28541720

Inilah Konsep Online Marketing yang Efektif Saat Ini

6 October 2019

Photo by Brooke Lark on Unsplash
Konsep online marketing
Photo by Brooke Lark on Unsplash

Saat ini, strategi pemasaran dapat dilakukan melalui internet marketing. Mengingat internet menjadi salah satu kebutuhan penting bagi manusia, khususnya seluruh masyarakat urban di seluruh dunia. Maka pengguna internet sudah tidak perlu ditanya berapa jumlahnya.

Pengguna internet saat ini terus saja meningkat setiap tahun. Dan hal ini menjadi potensi menjanjikan bagi mereka yang mau memanfaatkanya dengan baik.

Bagi pebisnis, tentu internet menjadi salah satu cara untuk meningkatkan performa bisnis mereka sekaligus mengembangkan bisnis yang mereka jalani. Hampir semua bisnis offline sekalipun memiliki website dan akun media sosial untuk menarik perhatian para pelanggannya.

Kemajuan dalam teknologi internet tentu membawa banyak manfaat besar bagi pebisnis terlebih jika dimanfaatkan dalam konsep online marketing yang efektif. Untuk itu, saat ini banyak pebisnis yang menerapkan konsep online marketing pada bisnisnya.

Pengguna internet yang sudah mendunia ini akan memudahkan pebisnis dalam melakukan pemasaran hingga menjangkau banyak orang. Bila disebutkan satu persatu maka kegiatan online marketing sangat banyak.

Namun, ada beberapa konsep online marketing yang sering dilakukan pebisnis dan sudah dibuktikan menjadi cara yang efektif untuk memasarkan produk mereka, berikut diantaranya :

1. Membuat Website atau Blog Khusus

Dalam melakukan pemasaran produk bisnis, maka Anda bisa membuat website atau blog khusus bisnis Anda. mengapa hal ini perlu dilakukan?

Mengingat banyaknya pebisnis yang sudah menerapkan sistem ini tentu mengharuskan Anda bertahan di tengah persaingan bisnis. Hal ini dilakukan agar bisnis yang Anda jalankan bisa terus bertahan selama yang diinginkan.

Saat ini sudah banyak bisnis offline yang memiliki website atau blog nya sendiri untuk memasarkan produk mereka. Selain itu melakukan pemasaran, website dan blog ini bisa dimanfaatkan untuk membangun dan mengembangkan bisnis Anda.

2. Menggunakan Email Marketing

Selain membuat website dan blog khsusus, Anda juga bisa melakukan pemasaran online melalui email. Pemasaran ini memang dinilai sudah cukup lama, namun cara ini terbilang masih efektif sampai saat ini.

Dengan mengirimkan promosi melalui email, maka Anda bisa sekaligus memberikan penawaran secara berkala kepada konsumen ataupun calon konsumen Anda. dengan begitu kemungkinan besar orang yang belum pernah membeli produk Anda tertarik dengan produk yang Anda tawarkan.

3. Manfaatkan Sosial Media

Zaman saat ini siapa yang tidak menggunakan sosial media, tentu hampir semua orang memiliki sosial media. Banyak sosial media yang bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan produk Anda seperti Facebook, Twitter, Instagram dan Youtube.

Masing-masing sosial media tersebut memiliki tantangannya masing-masing dimana Anda harus pandai mengambil gambar, mengupload gambar, dan mengedit gambar untuk menarik konsumen. Dan jangan lupa berikan caption menarik untuk mempromosikan produk Anda.

4. Gunakan Konten Marketing

Konsep yang satu ini hampir sama dengan konsep point pertama, namun lebih spesifiknya pada point ini Anda diharuskan melakukan pemasaran dengan mengupload berbagai konten menarik dalam blog atau website bisnis.

Semakin banyaknya konten berkualitas dan menarik, maka semakin besar peluang Anda untuk mendapatkan konsumen. Dengan menerapkan sistem ini maka sudah dipastikan bahwa situs bisnis Anda akan terus bertambah.

5. Membuat Iklan

Walaupun banyak konsep online marketing yang bisa digunakan, namun tidak ada salahnya jika Anda membuat iklan untuk mempromosikan bisnis dan produk anda. Dengan adanya iklan maka bisnis Anda akan memiliki kelebihan tersendiri yang tidak dimiliki pemasaran gratis.

Banyak jaringan periklanan yang cukup banyak digunakan pebisnis saat ini. Masing-masing jaringan periklanan tersebut tentu memiliki kelebihannya tersendiri. Dengan menggunakan konsep ini maka akan memungkinkan viralnya iklan Anda sehingga membuat konsumen tertarik.

Itulah konsep online marketing yang efektif digunakan saat ini. Tidak perlu ditanya lagi bahwa internet memang sudah memberikan banyak kemudahan dalam hal pemasarn sehingga kita sebagai penggunanya harus memanfaatkan sebaik-baiknya. Konsep-konsep tersebut bisa menjadi cara yang perlu Anda coba untuk meningkatkan penjualan atau branding pada bisnis Anda.

“Baca Juga 5 Pebisnis Muda Yang Inspiratif”

Kamu Mungkin Juga Suka…

Bagaimana Cara Menemukan Lokasi Bisnis

Bagaimana Cara Menemukan Lokasi Bisnis

Dalam menemukan lokasi bisnis anda harus memperhatikan biaya beli atau sewa, apakah lokasi mudah terjangkau, bagaimana perizinan tempat bisnis anda, dan lingkungan area bisnis anda.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *