(021) 28541720

Perbedaan Virtual Office dan Co-working Space

2 September 2019

Photo by Austin Distel on Unsplash
Perbedaan Virtual Office dan Co-working Space
Photo by Austin Distel on Unsplash

Perbedaan Virtual Office dan Co-working Space

Kemajuan teknologi pada zaman sekarang ini banyak memberi kontribusi pada perubahan pada berbagai aspek kehidupan, termasuk konsep dalam dunia kerja. Banyak orang beranggapan bekerja di kantor konvensional sudah ketinggalan zaman, bahkan membuat beberapa orang menjadi kurang produktif akibat jenuh bekerja. Dari permasalahan ini mulai muncul sebuah konsep kerja yang lebih fleksibel.

Beberapa pekerjaan yang terkait dengan dunia digital seperti penulis, marketing, desainer, dan lainnya tentu membutuhkan konsep kreatif yang tinggi. Tingginya kreativitas seseorang ternyata dipengaruhi oleh faktor lingkungan. Pada jam kerja konvensional sering kali kreativitas tersebut malah tidak bisa dimaksimalkan.

Hampir sebagian besar pekerja kreatif tidak membutuhkan pertemuan yang rutin. Cukup diberi brief awal dan proses revisi saja meeting diperlukan. Sisanya, mereka akan mencari waktu dan ruang sendiri untuk mempertajam kreativitas mereka.

“Lihat Juga Pilihan Package Meeting Room SAMUDRA”

Dari sisi perusahaan, hal ini bisa menjadi sebuah keuntungan. Mereka bisa menyewa kantor yang cukup murah untuk mengakomodasi kebutuhan usaha mereka. Beberapa pilihan di antaranya seperti Virtual Office dan Co-working Space. Lalu apa perbedaan keduanya?

Virtual Office yang Banyak Dilirik Saat Ini

Kantor virtual memang baru dikenal baru-baru ini, namun eksistensinya sudah ada sejak tahun 2000-an. Kala itu beberapa perusahaan mendaftar untuk mendapatkan alamat serta nomor telepon unik untuk pendirian perusahaan. Kebutuhan administratif ini tentu digunakan juga sebagai sarana komunikasi dengan klien, mitra, investor, maupun konsumen. Fasilitas lain yang diberikan mencakup resepsionis untuk kebutuhan surat menyurat, serta ada satuan pengamanan juga.

Menggunakan Virtual Office untuk kebutuhan bisnis tentu memberi banyak keuntungan dan kemudahan. Pertama cost yang dikeluarkan jauh lebih sedikit dibandingkan harus membeli atau menyewa kantor. Terlebih jika bagi pekerja kreatif yang hanya perlu datang saat tertentu saja, menggunakan fasilitas kantor virtual tentu lebih baik.

Selain itu ada beberapa fasilitas lain yang bisa dimiliki jika menggunakan jasa kantor virtual ini. Jika ingin melakukan pertemuan maka ada ruang meeting yang disediakan khusus. Kemudian ada juga pantry, event room, dan berbagai fasilitas lain yang mendukung kelancaran sebuah usaha.

Keuntungan-keuntungan tersebut membuat kantor virtual ini menjadi incaran banyak pelaku bisnis. Terlebih bagi perusahaan yang terlibat dalam industri kreatif, teknologi, UMKM, dan konsultan. Perusahaan tersebut bisa tetap aktif walau banyak melakukan pekerjaan di luar kantor.

Co-Working Space yang Lebih Kasual

Co-working Space bisa dikatakan cukup banyak digemari oleh anak muda yang menyukai pekerjaan lepas atau freelance. Selain itu banyak juga perusahaan rintisan atau startup yang menggunakan kantor ini untuk kegiatan bisnis mereka.

Beberapa pekerjaan yang tidak terlalu banyak membutuhkan kantor biasanya akan menyewa Co-working Space untuk kebutuhan bulanan hingga satu tahun. Hal ini tentu saja bergantung pada target kerja serta produktivitas yang ingin dicapai. Fasilitas yang tersedia juga sudah mendukung kegiatan bisnis Anda. Mulai dari meja kerja, pantry, Wifi, dan banyak lagi lainnya.

Co-working Space biasanya didesain lebih santai dan menarik, sehingga untuk kebutuhan brainstorming tempat ini adalah pilihan yang tepat. Selain itu bekerja di lokasi ini bisa memperluas relasi Anda, karena bisa bertemu dengan pekerja lain yang berasal dari perusahaan berbeda. Co-working Space juga sangat cocok untuk mengadakan pertemuan bisnis dengan klien, mitra, atau investor. Selain karena tempatnya yang cukup nyaman dan kasual, tempat ini juga tetap cocok untuk kebutuhan profesional seperti pertemuan bisnis.

Kantor virtual, virtual office, virtual office jakarta, virtual office jakarta selatan.

“Baca Juga Jenis Bisnis Ini Cocok Menggunakan Layanan Virtual Office”

Kamu Mungkin Juga Suka…

Mengenal Arti dan Manfaat Virtual Office

Mengenal Arti dan Manfaat Virtual Office

Virtual Office adalah layanan sewa perkantoran virtual atau non fisik yang jauh lebih murah, fleksibel, dan memiliki alamat legal seperti kantor pada umumnya. Jadi walau sifatnya virtual, namun dilihat dari berbagai aspek layanan kantor ini memiliki fungsi yang tidak jauh beda dengan kantor pada umumnya.

Virtual Office tersebut dapat digunakkan sebagai legalitas perusahaan untuk pendaftaran PT maupun CV dengan disediakan surat Domisili.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *