fbpx
(021) 28541764

Pengaruh Virtual Office Pada Bisnis

11 December 2020

Pengaruh Virtual Office

Pengaruh Virtual Office pada bisnis semakin terlihat seiring perkembangan zaman. Keinginan pada pengelolaan bisnis yang praktis dan cepat menyebabkan Virtual Office banyak dicari. Semua orang bisa mendirikan perusahaan dengan cepat dan mudah hanya dengan menggunakan layanan kantor virtual ini. Semakin banyak bisnis yang dibangun tentu menciptakan banyak lapangan kerja.

Karena bisnis selalu dituntut untuk bergerak secara dinamis, kebutuhan akan sesuatu yang cepat dan praktis selalu dicari. Terbukti dari adanya keharusan untuk mengamati pasar supaya produk yang ditawarkan selalu diminati. Membuat inovasi untuk tetap menang dalam persaingan bisnis, dan hal lainnya yang menuntut sebuah bisnis untuk selalu dinamis.

Salah satu wujud dinamisnya suatu bisnis adalah terkait sistem. Perkembangan zaman yang kemudian mengantarkan ke adanya perkembangan teknologi bisa membuat sebuah bisnis lebih sukses dari sebelumnya. Sistem yang lebih dinamis tentu mampu beradaptasi dengan baik pada perubahan zaman, terutama di era serba digital seperti sekarang ini.

Suksesnya bisnis karena perkembangan teknologi terwujud dari beberapa hal, dari sistem kerja karyawan yang lebih mudah, marketing yang lebih praktis, hingga modal yang dibutuhkan pun bisa dipangkas sebanyak mungkin. Itu semua karena perkembangan teknologi yang pada akhirnya menciptakan sebuah perkantoran virtual atau Virtual Office.

Virtual Office menggunakan instrumen yang ada, koneksi internet, dan wawasan terkait bagaimana sistem dijalankan. Ini juga termasuk sebuah kantor sudah bisa dijalankan secara daring atau online. Virtual Office menjadi jawaban atas kebutuhan bisnis yang dinamis, serba digital, dan menjawab permasalahan saat ini.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah pengaruh Virtual Office pada bisnis:

  1. Memangkas Pengeluaran 

Pengeluaran bisnis atau perusahaan jelas bisa dipangkas atau diminimalisir dengan sebuah perkantoran yang bisa dijalankan secara virtual. Hal ini banyak dijumpai di startup atau perusahaan yang masih dirintis di masa kini. 

Kegiatan perkantoran seperti sistem kerja, pertemuan, dan lain-lainnya bisa dilakukan secara virtual, sehingga menghemat banyak biaya operasional. Jika ada cara yang lebih hemat maka mengapa tidak menggunakan Virtual Office?

Banyak pengeluaran memang bisa dipangkas dengan Virtual Office. Dari yang tadinya harus menyiapkan gedung untuk aktivitas para karyawan menjadi tidak dibutuhkan lagi karena pertemuan ini bisa dilakukan melalui sistem meeting online. Seperti misalnya sebuah aplikasi pertemuan daring, yang memberi kesempatan pada semua anggota yang ikut untuk berbicara, melihat satu sama lain, hingga melihat presentasi pada semua anggota.

Pekerja tidak perlu repot-repot lagi harus berangkat ke kantor, sementara perusahaan tidak perlu mengeluarkan banyak uang menyewa atau membeli gedung. Hal ini jelas berikan pengaruh besar pada bisnis berupa menghemat pengeluaran. Terlebih pada bisnis yang sedang dirintis akan memilih menghemat anggaran dan fokus pada pemasaran atau branding

Banyak yang harus dibahas atau dicari solusinya karena bisnis yang baru dirintis sudah bisa menemui masalah. Sekali lagi, pengaruh Virtual Office pada bisnis adalah bisa memangkas pengeluaran perusahaan sehingga membuka peluang untuk siapa saja yang ingin berbisnis namun terbatas modal.

  1. Membentuk Organisasi yang Kuat dan Efektif

Organisasi perusahaan Anda tentu harus diisi oleh SDM yang kompeten. SDM yang mampu memahami teknologi dengan baik menjadi pilihan yang tepat di era digital seperti ini. Bekerja di Virtual Office secara tidak langsung menuntut tim Anda untuk memahami teknologi dengan baik. 

Pemahaman teknologi yang baik tentu membentuk kompetensi yang lebih baik lagi dan sesuai dengan perkembangan zaman. Keberadaan Virtual Office memberi pengaruh yang baik pada bisnis Anda karena mampu membuat tim harus memiliki kompetensi tambahan lain.

  1. Sistem Kantor yang Fleksibel

Sistem kantor yang fleksibel dan adaptasi yang lebih mudah adalah salah satu pengaruh Virtual Office pada bisnis yang sangat dirasakan oleh karyawan. Mereka menjadi harus menginvestasikan waktu yang lebih singkat namun tentu akan memberikan performa sebaik mungkin. 

Hal ini jauh lebih efektif daripada mereka yang harus mengeluarkan waktu yang banyak namun tidak bisa memiliki performa yang maksimal untuk perusahaan. Sistem kantor yang fleksibel, membuat para karyawan lebih memiliki waktu untuk pribadi atau untuk keluarga mereka namun tetap akan mengerjakan apa yang menjadi tugas atau kewajibannya. 

Apa yang diberikan pada perusahaan tetap lah sama, hanya saja mereka akan lebih senang karena mendapatkan waktu yang fleksibel untuk bekerja. Pekerja atau karyawan mana saja akan puas dengan sistem kerja seperti ini. Seperti halnya seorang freelance yang bisa bekerja secara fleksibel, namun mereka tetap diakui sebagai karyawan tetap yang full time.

  1. Menghemat Waktu

Waktu menjadi lebih efisien dan jelas bisa lebih dihemat dengan adanya Virtual Office. Dari yang tadinya waktu terbuang untuk transportasi karyawan menuju lokasi, bisa dialokasikan untuk aktivitas lain yang bisa dilakukan di Virtual Office. Pengaruh Virtual Office pada bisnis yang satu ini akan sangat terasa bagi karyawan-karyawan yang memiliki jadwal tersistematis untuk setiap harinya.

Mereka menjadi tidak perlu lagi berkutat dengan macetnya jalanan yang menghabiskan waktu tanpa bisa diperkirakan. Itu baru salah satunya saja, masih banyak hal lain yang membicarakan tentang keefisienan waktu yang dimiliki karyawan.

Bukan hanya bagi para karyawan saja, pengaruh Virtual Office pada bisnis ini juga terasa bagi perusahaan itu sendiri. Dari yang tadinya harus mengalokasikan waktu milik karyawan, terutama seorang general affairs untuk mengurusi kantor, menjadi tidak diperlukan lagi. Pada akhirnya, ada kesempatan untuk bisa semakin menghemat pengeluaran karena perusahaan tidak lagi membutuhkan posisi ini.

Proses produksi, jika yang ditawarkan adalah produk, secara tidak langsung bisa lebih dihemat waktunya jika ada Virtual Office. Dengan adanya sistem ini, perusahaan tak perlu lagi mendatangi vendor, melakukan komunikasi yang dibutuhkan, seseorang yang menuju kesana, sebab itu semua bisa dilakukan secara daring. Dan tentunya menggunakan instrumen yang sudah ada.

  1. Efisiensi kerja

Jika pada kantor konvensional SDM yang dibutuhkan semakin banyak. Bahkan beberapa di antaranya tidak terhubung langsung dengan bisnis Anda. Hal tersebut selain boros tentu membuat sistem kerja menjadi tidak efisien. Menggunakan Virtual Office membuat Anda mampu menjalankan perusahaan jauh lebih efisien dari sebelumnya.

Efisiensi kerja ini tentu sangat membantu perusahaan untuk mencapai segala target dan tujuan yang telah ditetapkan. Anda hanya perlu fokus pada marketing, branding, hingga menemui klien. Anda tidak perlu lagi mengurus hal-hal yang tidak terkait dengan bisnis secara langsung. Efisiensi ini akan membuat Anda fokus mengembangkan bisnis yang telah dirintis.

Virtual Office tidak hanya menawarkan kemudahan saja. Lebih dari itu, Virtual Office berdampak langsung pada bisnis. Pengeluaran yang lebih hemat, kesejahteraan karyawan, hingga efisiensi kerja menjadi pengaruh paling signifikan dari penggunaan jenis kantor ini. Jadi, untuk mengembangkan bisnis ke arah yang lebih baik menggunakan Virtual Office adalah pilihan terbaik.

Kamu Mungkin Juga Suka…

Melihat Legalitas Virtual Office

Melihat Legalitas Virtual Office

Momentum pasca pandemi Covid-19 ini  ditandai dengan situasi "New Normal". Era baru yang memunculkan ragam perubahan...

Mengenal Arti dan Manfaat Virtual Office

Mengenal Arti dan Manfaat Virtual Office

Virtual Office adalah layanan sewa perkantoran virtual atau non fisik yang jauh lebih murah, fleksibel, dan memiliki alamat legal seperti kantor pada umumnya. Jadi walau sifatnya virtual, namun dilihat dari berbagai aspek layanan kantor ini memiliki fungsi yang tidak jauh beda dengan kantor pada umumnya.

Virtual Office tersebut dapat digunakkan sebagai legalitas perusahaan untuk pendaftaran PT maupun CV dengan disediakan surat Domisili.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *