fbpx
(021) 28541764

Cara Mendaftarkan Bisnis dengan Virtual Office

17 January 2021

Cara Mendaftar Virtual Office F

Pada hakikatnya Virtual Office menawarkan kemudahan bagi Anda untuk memiliki alamat kantor yang jelas tanpa perlu menggunakan kantor fisik  secara langsung. Anda bisa dengan mudah mengelola bisnis dari manapun dan kapanpun. Anda tidak perlu memikirkan biaya yang harus dikeluarkan untuk mengelola fasilitas kantor. Urusan rumah tangga perkantoran seperti administrasi dan customer service pun bisa terselesaikan melalui Virtual Office. 

Sebagai gantinya, aktivitas kerja dapat dilakukan dari mana saja. Anda tetap bisa berkomunikasi dengan klien tanpa hambatan. Klien bisa menghubungi nomor telepon yang telah tertera pada profil perusahaan. Baru kemudian, petugas resepsionis virtual akan menerima panggilan tersebut dan meneruskannya kepada perusahaan Anda. Resepsionis juga akan menginformasikan pada klien bahwa nomor telepon yang tersebut merupakan nomor perusahaan Anda. Bukan nomor telepon perusahaan lain.

Selanjutnya, Anda bisa menjelaskan produk atau jasa yang Anda miliki kepada klien tersebut lewat sambungan telepon. Sangat mudah, fleksibel, serta efisien. Bahkan tidak ada yang menyangka, kalau Anda yang tengah berkomunikasi menggunakan telepon di sebuah warung kopi sederhana, tengah bernegosiasi transaksi bernilai miliaran rupiah dengan klien. 

Apabila dibandingkan dengan membeli atau menyewa gedung sebagai kantor, biaya yang dikeluarkan untuk menggunakan Virtual Office cukup terjangkau. Anda bisa menghemat hingga puluhan juta rupiah. Bahkan, Anda dapat mengalokasikan dana penghematan tersebut pada keperluan lain seperti meningkatkan pemasaran produk Anda atau mengotomatisasi layanan kantor Anda agar menggunakan teknologi baru. 

Tahapan Mendaftar Bisnis dengan Virtual Office

1. Menghubungi penyedia layanan virtual yang telah Anda pilih

Anda perlu teliti dalam menyeleksi penyedia layanan Virtual Office. Perhatikan paket penawarannya, amati pola kerja sama yang tersedia, serta jaminan kredibilitas dan harga paket yang sesuai dengan apa yang diiklankan. Anda bisa menghubungi mereka via online atau mendatangi langsung untuk membuat kesepakatan dan kerja sama. 

2. Penentuan Nama PT

Jika sebelumnya Anda dituntut untuk memiliki profil usaha yang jelas, maka hal tersebut digunakan untuk membuat data pendirian PT. Nama PT yang Anda gunakan harus jelas dan sesuai dengan peraturan undang-undang yang berlaku. Nama yang digunakan terdiri dari minimal 3 suku kata, tidak boleh menggunakan serapan dari bahasa asing (seperti ), dan tidak boleh menggunakan nama PT yang sudah digunakan.

3. Tempat dan kedudukan

Tempat dan kedudukan PT bisa Anda didaftarkan pada layanan Virtual Office. Anda bisa mengajukan proses ini pada layanan Virtual Office. Mereka akan mengurus pembuatan domisili pada notaris nantinya.

4. Maksud dan tujuan

Setelah menyelesaikan domisili, Anda bisa menentukan maksud dan tujuan pendirian perusahaan. Pada bagian ini Anda bisa menentukan jenis dan bidang usaha. Nantinya maksud dan tujuan perusahaan Anda akan tercatat di akta pendirian PT.

5.  Struktur Permodalan PT

Sebelum mendirikan PT, pastikan Anda sudah memiliki modal dasar terlebih dahulu. Berdasarkan UU no 40 tahun 2007 tentang perseroan terbatas, mengatur bahwa pemilik usaha harus memiliki minimal modal dasar sebesar Rp 50.000.000,00 untuk mendirikan perseroan terbatas. Namun, baru-baru ini pemerintah mengubah peraturan tersebut tidak dalam jumlah minimal lagi melainkan bergantung pada kesepakatan para founder atau pendiri PT yang bersangkutan. Modal usaha Anda tentu jadi jauh lebih murah karena menggunakan Virtual Office, sehingga tidak membutuhkan gedung fisik.

6. Struktur Organisasi PT

Setiap PT harus memiliki unsur Direktur dan Komisaris. Keduanya merupakan wajah utama struktur organisasi sebuah perusahaan. Bila terdapat beberapa direktur atau komisaris. Maka perlu dilakukan penunjukkan direktur dan komisaris utama. Secara umum tugas direktur adalah dalam hal operasional sedangkan komisaris adalah bagian pengawasan. Oleh karena itu, Anda perlu mempersiapkan struktur organisasi  terlebih dahulu bila ingin mendirikan perseroan terbatas.

Mendaftarkan bisnis ke Virtual Office sangat mudah. Bahkan Anda akan dibimbing dan dibantu dalam pendirian PT, CV, atau Yayasan. Jadi tunggu apalagi segera daftarkan bisnis Anda.

Tips Memilih Penyedia Layanan Virtual Office

A. Lokasi Strategis

Sebelum memilih Virtual Office, Anda perlu tahu bahwa lokasi strategis tentu selalu mendatangkan peluang bisnis yang baik. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan lokasi atau alamat kantor yang ditawarkan oleh penyedia layanan. Pilihlah Virtual Office yang beralamatkan tempat strategis seperti di kawasan bisnis atau pusat perkantoran. Hindari untuk memilih lokasi yang tidak familiar dan susah dijangkau. 

B. Fasilitas dan Pelayanan 

Paket penawaran yang diberikan oleh penyedia layanan Virtual Office tentu sangat beragam. Ada berbagai fasilitas menarik yang ditawarkan, mulai dari ruang meeting hingga layanan administrasi kantor atau customer service. Oleh karena itu, sebagai seorang pebisnis Anda pasti mengetahui fasilitas dan layanan mana yang tepat untuk diaplikasikan pada usaha. Hindari untuk mengambil fasilitas dan layanan yang memang tidak dibutuhkan oleh usaha Anda.  Selain itu, bila memungkinkan Anda bisa mendatangi penyedia layanan untuk melakukan survey sekaligus mengetahui secara langsung benefit yang mereka tawarkan.

C. Harga

Terdapat beragam penyedia layanan yang menawarkan paket menarik Virtual Office. Hal ini membuat Anda harus lebih teliti dalam menyesuaikan antara kebutuhan dan biaya yang harus dikeluarkan. Lakukan double check terhadap kepastian harga yang diberikan oleh penyedia layanan. Hindari untuk mengambil paket penawaran dengan harga yang tidak masuk akal. Pastikan juga untuk melakukan audit terhadap fasilitas yang Anda dapatkan, apakah layak atau tidak. 

D. Kredibilitas Penyedia Jasa Layanan Virtual Office

Hampir sama seperti saat berbelanja. Anda bisa mengecek kredibilitas penyedia layanan virtual melalui beberapa cara. Yang pertama adalah dengan mendatangi langsung lokasi layanan. Dengan begitu, Anda mempunyai penilaian tersendiri terhadap valid tidaknya paket Virtual Office yang ditawarkan. Kedua adalah melalui kolom ulasan atau review serta testimoni yang diberikan oleh client mereka sebelumnya. Melalui cara tersebut, Anda dapat dengan mudah mencari tahu kelebihan dan kelemahan tiap layanan Virtual Office. Serta lebih mudah memutuskan untuk memilih mana penyedia layanan yang lebih kredibel. 

E. Mendukung Pengajuan PKP

Tips terakhir namun menjadi yang paling penting. Pilihlah penyedia layanan Virtual Office yang sudah mendaftar PKP (Perusahaan Kena Pajak). Benefitnya adalah Anda sebagai client mereka, bisa turut mengajukan PKP di kantor pajak. Bila Anda mengajukan PKP, banyak sekali manfaat yang bisa diterima oleh usaha Anda, seperti dapat mengikuti proyek pemerintah atau proyek besar dari perusahaan swasta. Sehingga lebih memperluas jaringan bisnis Anda. Anda hanya tinggal mendaftarkan alamat kantor virtual dan mengajukan PKP secara online.

Kamu Mungkin Juga Suka…

Melihat Legalitas Virtual Office

Melihat Legalitas Virtual Office

Momentum pasca pandemi Covid-19 ini  ditandai dengan situasi "New Normal". Era baru yang memunculkan ragam perubahan...

Mengenal Arti dan Manfaat Virtual Office

Mengenal Arti dan Manfaat Virtual Office

Virtual Office adalah layanan sewa perkantoran virtual atau non fisik yang jauh lebih murah, fleksibel, dan memiliki alamat legal seperti kantor pada umumnya. Jadi walau sifatnya virtual, namun dilihat dari berbagai aspek layanan kantor ini memiliki fungsi yang tidak jauh beda dengan kantor pada umumnya.

Virtual Office tersebut dapat digunakkan sebagai legalitas perusahaan untuk pendaftaran PT maupun CV dengan disediakan surat Domisili.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *