(021) 28541720

Perkembangan Virtual Office Di Luar Negeri

9 November 2019

Photo by Scott Webb on Unsplash
Virtual Office di Luar Negeri
Photo by Scott Webb on Unsplash

Di era yang semakin maju seperti saat ini, banyak sekali teknologi-teknologi baru yang bermunculan. Perkembangan teknologi yang semakin pesat ini tentu dimanfaatkan banyak pebisnis dalam mengembangkan bisnisnya.

Dalam membangun sebuah bisnis, hal penting yang sangat dibutuhkan oleh pebisnis adalah sebuah gedung atau kantor. Namun, saat ini hal itu tidak lagi dibutuhkan karena perkembangan zaman yang semakin maju ini membuat pebisnis lebih cermat dalam memilih tempat usaha seperti memanfaatkan kemajuan teknologi.

Perkembangan Virtual Office

Saat ini, ada teknologi baru yang menyongsong konsep kantor virtual, nama kantor tersebut adalah Virtual Office. Mungkin sebagian pebisnis ada yang tahu dengan nama tersebut atau sebagian lagi mungkin saja tidak.

Virtual office merupakan sebuah layanan sewa kantor atau ruang kerja yang terdapat di internet, dengan kata lain pebisnis tidak menyewa kantor dalam bentuk fisik melainkan kantor online. Disini memungkinkan pebisnis dan karyawannya dapat bekerja secara fleksibel baik dimanapun dan kapanpun dengan menggunakan teknologi seperti laptop, komputer, smartphone, dan internet.

Meskipun pebisnis tidak memiliki kantor dalam bentuk fisik, namun Anda tetap mendapatkan alamat domisili yang sah, dan berbagai fasilitas menarik yang diberikan dari layanan ini mulai dari nomor telepon khusus, surat menyurat, ruang kerja, ruang meeting dan resepsionis.

Di indonesia sendiri, perkembangan virtual office sudah menyebar di berbagai kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya dan lain sebagainya. Dan sudah banyak perusahaan yang bergabung dengan layanan virtual office.

Singkat cerita, layanan virtual office awalnya terjadi di tahun 1994 yang didirikan oleh Ralph Gregory. Dahulu, nama perusahaan ini yaitu Virtual Office. Inc di Boulder, Colorado, Amerika. Kemudian perusahaan ini diperluas hingga dikenal dengan nama Intelligent Office.

Virtual Office di Luar Negeri

Di luar negeri ini sendiri, perkembangan virtual office juga sudah berkembang cukup besar. Pasalnya semakin banyaknya perusahaan yang menyediakan layanan kantor virtual yang mampu memudahkan individu untuk mengembangkan usahanya tanpa memikirkan infrastruktur otomasi perkantoran pada umumnya.

Beberapa virtual office di luar negeri sudah menyediakan layanan dan bantuan layaknya kantor fisik seperti alamat kantor bergengsi, layanan resepsionis, dan menyediakan ruang kerja, ruang rapat, ruang meeting dan lain-lain.

Virtual office ini tidak hanya memanfaatkan ruang kerja di dunia maya melainkan menjadi aplikasi lengkap termasuk komunikasi professional yang merupakan tempat berkumpulnya para blogger, pekerja IT dan inkubator bisnis UKM.

Keberadaan virtual office di luar negeri karena adanya kebutuhan tempat kerja tetapi pebisnis tidak ingin mengeluarkan modal besar terkait biaya sewa gedung, perlengkapan kantor, gaji karyawan dan lain sebagainya. Sehingga virtual office ini sangat cocok digunakan untuk pebisnis yang menjalankan bisnis di berbagai bidang seperti akuntan, bisnis start up, konsultasi dan lain sebagainya.

Banyak sekali keuntungan yang didapat dari penggunaan virtual office untuk pebisnis seperti salah satunya dapat meningkatkan citra bisnis. Dimana saat pebisnis membutuhkan ruang untuk bertemu dengan klien maka pebisnis bisa memilih dimana tempat yang strategis yang bisa dikunjungi klien tersebut. Dengan begini juga akan meningkatkan rasa kepercayaan klien atas perusahaan Anda.

Keunggulan Virtual Office

Menariknya lagi, virtual office mampu memangkas biaya operasional perusahaan hingga 90% dibandingkan dengan biaya operasional pada kantor konvensional. Dengan biaya operasional yang sangat murah daripada kantor konvensional tentu banyak pebisnis yang tertarik untuk menjalankan bisnisnya dengan menggunakan virtual office.

Virtual office tentu memberikan kemudahan tidak hanya bagi pebisnis saja melainkan bagi klien pun sama. Klien dapat menggunakan alamat kantor berprestise serta memiliki akses ke layanan pusat bisnis yang lengkap sehingga pebisnis dapat menjalankan bisnisnya kapan saja dan dimana saja.

Banyak fasilitas yang didapat dari layanan virtual office antara lain sebagai berikut:

  • Layanan resepsionis yang professional
  • Layanan surat menyurat
  • Penggunaan ruang meeting di berbagai tempat
  • Nomor telepon khusus perusahaan yang dilengkapi dengan sistem notifikasi
  • Area kerja sama yang dilengkapi akses wi-fi, lounge, the, dan kopi

Itulah perkembangan virtual office di luar negeri. Perlu diingat bahwa virtual office bukanlah sewa kantor dalam bentuk fisik melainkan dalam dunia maya. Meski demikian pebisnis tetap mendapatkan fasilitas yang sama dengan kantor konvensional pada umumnya.

“Lihat Juga Pilihan Package Lengkap Virtual Office di SAMUDRA”

Kamu Mungkin Juga Suka…

Mengenal Arti dan Manfaat Virtual Office

Mengenal Arti dan Manfaat Virtual Office

Virtual Office adalah layanan sewa perkantoran virtual atau non fisik yang jauh lebih murah, fleksibel, dan memiliki alamat legal seperti kantor pada umumnya. Jadi walau sifatnya virtual, namun dilihat dari berbagai aspek layanan kantor ini memiliki fungsi yang tidak jauh beda dengan kantor pada umumnya.

Virtual Office tersebut dapat digunakkan sebagai legalitas perusahaan untuk pendaftaran PT maupun CV dengan disediakan surat Domisili.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *